Rancangan Program Integrated Marketing Communication Aplikasi XYZ dalam Mencapai 1 Juta Pengguna pada Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.34149/jebmes.v2i1.59Keywords:
Integrated, Marketing, CommunicationAbstract
RINGKASAN KASUS
Subjek Area Kasus: Manajemen Pemasaran
Aplikasi XYZ merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang aplikasi loyalty program yang berdiri sejak awal tahun 2019. Cara kerja aplikasi ini cukup mudah, pengguna hanya perlu menscan struk berbelanja. Karena kebutuhan cashback saat berbelanja merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi XYZ hadir untuk mewujudkan kebutuhan tersebut. Namun, pada tahun 2020, aplikasi XYZ tidak berhasil mencapai target jumlah pengguna, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang telah dilakukan oleh aplikasi XYZ. Melalui langkah tersebut, penulis berusaha menyimpulkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat sehingga bisa mencapai target pengguna pada tahun 2021. Berdasarkan penelitian yang penulis telah kembangkan, terdapat beberapa rancangan strategi untuk aplikasi XYZ yang dapat digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk deskriptif, pengumpulan informasi didapatkan melalui pengumpulan data, studi dokumen, studi pustaka, wawancara, dan observasi partisipan
References
Andreina, Caniggia. (2012). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Studi Kasus Perpustakaan Umum Freedom. Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
Annedia, Yanieswara, Bulkis. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Pada PT. Hikmah Perdana Tour di Makassar. Makassar : Universitas Hasanuddin Makasar
Bisnis.tempo.co. Sensus Penduduk. (2020), BPS: Generasi Z dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk RI. Link: https://bisnis.tempo.co/read/1425919/sensus-penduduk-2020-bps-generasi-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-penduduk-ri
Fitra, Perawati. (2015). Integrated Marketing Communication (IMC) PT. Indomarco Pristama Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen di Pekanbaru. Jurnal online Mahasiswa (JoM) FISIP, Vol 2, No 2, Oktober, 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/7432/7107
Haikal, Rizky. (2021). Rancangan program Integrated Marketing Communication aplikasi XYZ Dalam Mencapai 1 Juta Pengguna Aplikasi Pada Tahun 2022. Thesis. Jakarta: STM PPM
Hair, Joseph F.,G. Tomas M. Hult., Christian M. Ringle., and Marko Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). 2e Edition USA: Sage.
Ipin, Rahmadi. Dewi, Quraisyin. (2015). Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) di Media Radio Segara FM Bangkalan. Jurnal Komunikasi, Vol IX No 10, Maret, 83-94. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1154
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Marketing Management, Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Liputan6.com. (2020). Gara-Gara Corona, Aktivitas Belanja Online Naik 400 Persen. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4226841/gara-gara-corona-aktivitas-belanja-online-naik-400-persen
Lokadata.id. (2020). Pasar E-Commerce Terbesar Indonesia dari Milenial. https://amp.lokadata.id/amp/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial
Mustiar, Hasri. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Integrated Marketing Communication (IMC) Yang Diterapkan Oleh RE CAFFE PLATINUM Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pelanggan. Jurnal online Mahasiswa (JoM) FISIP, Vol 4, No 2, Oktober, 1-11 https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/15668
Rebeka, Rismayanti. (2016). Integrated Marketing Communication (IMC) di PT Halo Rumah Bernyanyi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 253–266. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/835
Senny, Handayani. Asrofah. (2014). Perancangan Strategi Promosi Dengan Model Integrated Marketing Communication di PT KN SIGMA TRANS. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, Vol 4 No 1, https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/164
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.