Evaluasi dan Penyempurnaan Praktik Pelatihan Fire Drill dengan 4 Level Kirkpatrick pada Aston Priority Simatupang
DOI:
https://doi.org/10.34149/jebmes.v2i1.58Keywords:
Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Fire Drill, KirkPatrickAbstract
RINGKASAN KASUS
Subjek Area Kasus: Manajemen Sumber Daya Manusia
Aston Priority Simatupang merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa akomodasi yang terdapat unsur pelayanan, kenyamanan, serta fasilitas penginapan yang memadai bagi masyarakat yang menginginkan sarana penginapan untuk kepentingan pribadi, pekerjaan, atau liburan. Pelatihan Fire Drill adalah pelatihan yang menjadi fokus utama penelitian ini, dimana pelatihan ini merupakan pelatihan yang bersifat wajib diikuti oleh semua karyawan. Penelitian ini menggunakan teori Kirkpatrick sebagai landasan teori. Hasil yang didapatkan sebanyak 56,2 yang memahami materi dari nilai 100. Kemudian hampir semua department belum memahami materi yang diberikan ditunjukan dengan nilai rata-rata yang belum mencapai 80 dan terdapat 8 pertanyaan yang belum dipahami oleh peserta. Hal ini menunjukan pelatihan Fire Drill membutuhkan penyempurnaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi, dimana penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, studi dokumen, dan studi pustaka. Peneraan pelatihan oleh Training Manager Aston Priority Simatupang cukup baik tetapi ada hal yang dapat ditingkatkan seperti, dapat membuat Post Test dan Pre Test, memperbaiki peta posisi penempatan alarm kebakaran, dan memperjelas materi pelatihan. Pada penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti dapat lebih memperdalam program pelatihan yang diteliti dengan memperkaya data menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara agar dapat melengkapi informasi dan menambah validitas penelitian yang dilakukan.
References
Badu, Qamar S. (2012). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (Edisi Dies Natalis Ke 48 UNY). 102-129.
Ermawan, Alif. 2020. Efektifivitas Pelatihan pada Karyawan Aston Priority Simatupang.
Handoko, T. Hani. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.
Hardjanto, I. & Meitaningrum, D.A. & Siswidiyanto. (2013). Efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/viewFile/117/97
Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan (Ed. 11). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mathis, Robert L. dan Jackson John H. (2010). Human Resource Management. Edisi Tigabelas, USA: South-Western, Cengage Learning.
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, Y. (2018). Penerapan Model Kirkpatrick Untuk Evaluasi Program Diklat Teknis Subtantif Materi Perencanaan Pembelajaran di Wilayah Kerja Provinsi Kepulauan Riau, Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 7(2), 170-187.
Noe, Raymond A. (2017). Employee Training and Development. New York: McGraw Hill
Prijowuntato, Widanarto S. & Widharyanto, B. (2021). Training Evaluation of Elementary School Teachers of 3T Regions Of Mahakam Ulu Regency By Using Kikrpatrick. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 5(2), 185-195
Ritonga, R. & Saepudin, A. & Wahyudin, U. (2019). Penerapan Model Evaluasi KirkPatrick Empat Level dalam Mengevaluasi Program Diklat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 13-21.
Khurotin, N. & Afrianty, Tri W. (2018). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. 64(1), 195-203.
Utomo, Prasetyo U. & Tehupeiory, Karinka P. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 9(2), 38-41.
Widyastuti, U. & ES, Dedi P. (2015). Evaluasi Pelatihan (Trainning) Level II berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 3(2). 199-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities tacitly or explicitly of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.